“Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.” (QS. Yusuf: 2).

Sabtu, 04 Februari 2012

BELAJAR BAHASA ARAB ITU MUDAH



 إن اللغة العربية سهلة لمن أرادها

“Sesungguhnya Bahasa Arab itu mudah bagi siapa yang menginginkannya.”

Sebuah ungkapan yang tidak berlebihan. Karena sesuatu itu akan menjadi mudah, jika dalam pikiran kita telah terbentuk sebuah persepsi, keyakinan, bahwa ia adalah mudah jika dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

Jika orang berkata bahwa bahasa adalah jendela ilmu, maka Bahasa Arab seharusnya menempati posisi paling penting dari bahasa asing yang wajib dikuasai. Bukankah Al-Qur’an diturunkan dengan bahasa Arab yang fasih?


Belajar Bahasa Arab memang tidak semudah mempelajari bahasa lain. Kaidah-kaidah yang beragam dengan perubahan tashrif mulai dari yang beraturan sampai yang tidak beraturan, tentang nahwu dan sharaf, memang menjadi kerikil tajam yang terkadang menjadi batu sandungan yang membuat seseorang menjadi malas untuk memulai lagi, atau bahkan berhenti sama sekali. Terlebih lagi bagi mereka, yang disebabkan oleh beberapa hal, memiliki keterbatasan atau bahkan tidak memiliki akses sama sekali untuk belajar Bahasa Arab dengan seorang guru yang kompeten.

Apa yang saya alami tidak jauh berbeda. Setelah beberapa lama berniat untuk belajar / les privat kepada seorang ustadz yang tidak pernah terwujud karena beberapa kendala, akhirnya memutuskan untuk belajar sendiri, dan mulai mengumpulkan berbagai jenis materi yang menurut perkiraan dapat membantu dalam belajar. Tentu saja belajar tanpa bimbingan dan belajar dengan seorang guru hasilnya jauh berbeda. Yang terjadi kemudian sering kali timbul rasa jenuh, dan rasa malas menjadi hambatan yang luar biasa. Hingga pada satu titik baru teringat akan pengalaman lalu. Bukankah dulu juga belajar bahasa asing lainnya hanya mendapat sekedarnya di sekolah dan sebagian besarnya belajar sendiri? Bukankah dulu juga pernah belajar bahasa Jepang yang dapat dipakai untuk membuat tulisan yang sederhana dalam waktu yang lumayan singkat bagi orang yang belajar sendiri? Iya juga, meskipun bahasa yang terakhir itu akhirnya tinggal tersisa beberapa patah kata karena tidak pernah dipergunakan.

Belajar dari pengalaman lalu akhirnya tekad itu timbul kembali, Jika dulu bisa, maka sekarang pun yakin Insya Allah, pasti bisa.

Artikel ini hanya merupakan bentuk ‘sharing’ pengalaman dalam belajar bahasa secara mandiri, bahasa apapun itu. Mencoba menerapkan kembali metode yang dulu pernah dipakai dan efektif digunakan dalam menguasai Bahasa Inggris, dan sebagian bahasa Jepang yang sekarang terabaikan. Yang akan dipaparkan disini hanya beberapa poin-poin dengan sedikit penjelasan yang relevan berdasarkan pengalaman.

Berikut langkah-langkah dalam mempelajari bahasa asing (bahasa Arab) bagi yang ingin belajar secara mandiri:
  1. Menyadari bahwa bahasa Arab merupakan kunci untuk lebih memahami agama ini (Islam) dengan baik. Bukankah Al-Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab? Menyadari pentingnya kedudukan bahasa Arab ini merupakan motivasi terbesar yang akan memudahkan langkah selanjutnya.
  2. Sebagaimana judul di atas, bentuk persepsi itu di benak anda, bahwa bahasa Arab itu mudah jika kita bersungguh-sungguh untuk belajar. Bukankah Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sampai kaum itu merubah nasibnya sendiri? Salah satu tips jitu adalah menjadikan belajar bahasa Arab sebagai hobi sehingga akan mengurangi sebagian besar beban yang ada.
  3. Mulailah mengumpulkan buku-buku atau materi yang bisa didapatkan melalui toko buku ataupun dalam bentuk online e-book. Dengan beberapa bahan yang berbeda, kita dapat membandingkan antara satu buku dengan buku yang lain, sehingga dapat saling melengkapi.
  4. Tetapkan satu buku yang akan dijadikan panduan selama belajar, sedangkan buku-buku lainnya merupakan penunjang untuk pengayaan materi.
  5. Setiap kali melalui satu materi pelajaran, usahakan untuk membuat contoh-contoh kalimat dengan kata-kata sendiri. Hal ini akan sangat membantu dalam memahami kaidah-kaidah yang sudah dipelajari, berikut penggunaan kata-kata baru, hingga lebih mudah untuk diingat. Mulailah dari kalimat-kalimat yang paling sederhana dan terus meningkat.
  6. Pada tahap selanjutnya setelah beberapa kaidah tata bahasa dikuasai, anda bisa memulai membuat contoh kalimat yang lebih rumit, kalimat-kalimat yang anda sukai atau sesuatu yang ingin anda ungkapkan kepada sahabat, saudara atau lainnya.
  7. Jika anda tidak menemukan seorang guru, sangat dianjurkan bagi anda untuk mencari teman yang bisa berbahasa Arab. Dia mungkin tidak dapat membantu anda secara terus-menerus, namun pada tahap ke 5 dan ke 6 di atas akan sangat membantu untuk memeriksa latihan-latihan anda, membenarkan jika salah dan menjelaskan kaidah-kaidah yang sukar dipahami.
  8. Setiap kali membaca Al-Qur’an ataupun hadits, cobalah untuk memeriksa kalimatnya dan kemudian memilah-milah susunan kata berdasarkan kaidah yang sudah dipelajari. Anda akan tersenyum kecil manakala menemukan ada beberapa hal yang telah dipelajari digunakan dalam ayat atau hadits tersebut. Itu akan memperbesar minat anda untuk terus belajar, sehingga pemahaman tidak lagi sebatas beberapa kalimat, namun keseluruhannya.
  9. Gunakan berbagai macam fasilitas yang ada untuk belajar. Buku, televisi, audio maupun mendia internet. Bagi anda yang seringkali online di YM misalnya, dapat mulai mengganti memasukkan beberapa kalimat berbahasa Arab kedalam obrolan anda, terutama dengan teman-teman yang pandai berbahasa Arab. Salah satu trick kecil yang saya gunakan adalah mengganti status yang biasa dengan bahasa Arab, sehingga memancing sahabat-sahabat yang sedang online, bahkan yang sedang invisible sekalipun, membantu mengoreksi atau menunjukkan pilihan kata yang lebih baik.
  10. Membaca, menulis mendengarkan. Belajar bahasa Arab tidak saja sekedar agar dapat membaca tetapi benar-benar memahaminya, atau dengan istilah lain, berpikir dengan bahasa tersebut. Hal tersebut akan menghilangkan kekakuan dalam berbahasa, yang menjadikan seseorang benar-benar fasih dalam berbahasa. Yang ini tentu saja tingkat tertinggi, namun bukan sesuatu yang mustahil untuk diraih. Jadi… kenapa ragu untuk mecoba?
Sebagai bahan referensi bagi anda, berikut bahan-bahan yang dapat anda gunakan untuk mulai belajar Bahasa Arab :
  1. Durush Lughah al Arabiyyah 1, 2, 3 yang dapat anda download melalui Fatwa Online (lihat ‘reference link’ pada blog ini).
Buku ini tersusun dengan cara sistematis, memadukan antara nahwu dan sharaf, sangat baik untuk digunakan belajar dari awal, selangkah demi selangkah. Namun demikian buku ini agak sukar digunakan untuk belajar secara mandiri, karena di dalamnya tidak terdapat penjelasan mengenai kaidah-kaidah setiap bab pelajaran. (hanya memuat matan arabnya saja). Oleh karena itu bagi anda yang menggunakannya sebagai panduan belajar, sangat penting untuk mengumpulkan buku-buku lainnya sebagai penunjang.
2 Medinah Arabic. Anda dapat mengunjungi situs www.medinaharabic.om dimana tersedia materi pelajaran secara online yang saat ini terdiri dari 23 bab pelajaran. Untuk dapat membacanya secara off-line, materi on-line tersebut telah dibuat dalam bentuk file CHM yang dapat anda download dari Maktabah Raudhah al-Muhibbin (lihat ‘my other blog’). Ke 23 materi dalam bahasa Inggris tersebut merupakan materi yang sama (atau nyaris sama) dengan Durus Lughah 1. Kelebihannya, untuk setiap bab pelajaran diberikan penjelasan lebih rinci sehingga memudahkan kita untuk memahami kaidah yang dibahas dalam setiap bab.
3 The Essential Arabic, a learner’s practical guide; ditulis oleh Rafi el-Iman Frayan. Buku ini merupakan bagian pertama dari dua bagian yang sedianya diterbitkan (saya belum mendapatkan informasi tentang bagian kedua), berisi kaidah-kaidah tata bahasa Arab. Dijelaskan secara ringkas dan lebih mudah dipahami, dimana di setiap akhir pelajaran terdapat Grammatical Analytic yang memecah kalimat susunan kata, untuk memperjelas penggunaan kaidah yang menjadi topik bahasan pada bab yang bersangkutan. Buku ini ditulis oleh seorang Professor of Arabic di Jamia Millia Islamia, New Delhi, dan bisa anda dapatkan di toko-toko buku atau pembelian secara online.
4 Fundamental of Classical Arabic vol. 1. Setahun yang lalu saya mendownload d-Book tersebut via www.faqirpublication.com namun saat ini tidak tersedia lagi. Insya Allah akan diupload kembali ke Maktabah Raudhah al-Muhibbin. Didalamnya berisi beberapa kaidah tata bahasa yang dapat digunakan sebagai penunjang.
5 Belajar Cepata Tata Bahasa Arab sistem 30 jam, serta Tata Bahasa Arab Sistematis. Keduanya ditulis oleh Akhmad Munawari. Paduan kedua buku yang saling melengkapi ini sangat membantu dalam belajar secara mandiri. Contoh-contoh kalimat yang disajikan sebagian besar diambil dari Al-Qur’an dan hadits sehingga kita menjadi lebih terbiasa dengan gaya bahasa Al-Qur’an dan Hadits tersebut.
6 Bahasa Arab untuk Orang Indonesia. Materi pelajaran ini dapat anda telusuri secara online pada www.arabindo.co.nr (lihat ‘reference link’), atau dapat anda beli langsung kepada pengelola situs tersebut. Materi pelajaran tersebut dapat anda baca secara off-line dengan mendownload pada Maktabah kami dalam bentuk CHM file.
7 Appendix B. A Brief Journey through Arabic Grammar. E-Book ini berisi beberapa kaidah tata bahasa dengan penjelasan yang mudah dipahami. E-book ini insya Allah akan di-upload kembali ke Maktabah.

Dan masih banyak lagi buku-buku pelajaran Bahasa Arab. Disarankan untuk mengumpulkan seperlunya saja, karena terlalu banyak buku juga akan membingungkan.

Tidak ada pesan terakhir kecuali ucapan Selamat Belajar! Semoga Allah memudahkan kita dalam belajar, karena dimaksudkan sebagai sarana untuk lebih memahami agama-Nya yang haq.

0 komentar:

Poskan Komentar